-->

“The Human Zoo” Kisah Kelam Kebun Binatang Manusia

Bagi sebagian orang mendengar kata kebun binatang pasti langsung tertuju pada tempat hewan dipelihara dalam lingkungan buatan, dan dipertunjukkan kepada publik. Selain sebagai tempat rekreasi, kebun binatang berfungsi sebagai tempat pendidikan, riset, dan tempat konservasi untuk satwa terancam punah.

Bagaimana kalau mendengar kata The Human Zoo atau Kebun binatang manusia yang dipertunjukan untuk menghibur manusia lainya rasanya terlihat miris,iba bahkan mustahil itu terjadi.

Namun Kebun binatang manusia “The Human Zoo” bukan hanya sebuah kiasan semata, Namun di zaman dahulu tempat tersebut benar-benar ada.

Ditempat tersebut, Manusialah yang dikurung dan dijadikan tontonan banyak orang. Praktik ini terjadi pada abad ke-19 hingga abad ke-20 di Eropa, Amerika dan Australia.

Kebun binatang seperti ini awal mulanya diciptakan oleh orang-orang berkulit putih.Mereka menggangap ras merekalah yang lebih baik, sehingga menangkap, menculik, dan mempertunjukan orang-orang dari suku yang berbeda (kebanyakan orang kulit hitam.


Bagi mereka, pertunjukan ini adalah pertunjukan yang menarik. Melihat bagaimana orang-orang dari negara berkembang atau dari suku terpencil hidup, hal ini membuat hiburan tersendiri bagi mereka.
Praktik ini berlanjut hingga tahun 1950-an dan menimbulkan kemarahan dari beberapa orang dimana-mana bahwa itu bukan tindakan manusiawi hingga akhirnya benar-benar “The Human Zoo” ini dihapus.

0 Response to "“The Human Zoo” Kisah Kelam Kebun Binatang Manusia"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel