-->

5 Game Engine Untuk Mengembangkan Mobile Games

Statistik menunjukkan bahwa pasar mobile games selalu meningkat lebih cepat diandingkan platform lainnya dari tahun ke tahun.
jadi sinyal penting untuk para developer, untuk mulai lebih giat lagi mengembangkan games di platform mobile. Nah, untuk mengembangkan game-game mobile tentunya memerlukan beberapa software. Atau mungkin kalo kalian seorang amatir yang pengen nyoba-nyoba ngembangin mobile game, tentunya juga perlu software-software ini. 
Jadi, apa sajakah software-software terbaik untuk mengembangkan mobile Games ?


1. Unity
Unity 3D merupakan software pengembang game yang punya fitur lengkap untuk mengembangkan game 2D maupun 3D. Unity terhubung langsung dengan software-software 3D seperti 3ds Max, Maya, Softimage, CINEMA 4D, Blender, dll.

Game yang dibuat di Unity 3D ini bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam multiplatform. Beberapa platform yang bisa dibuat gamenya di unity 3D antara lain PC, Mobile, VR, Console, bahkan smart TV. Untuk platform mobilenya sendiri, Unity mendukung sistem operasi Android, iOS, Windows Phone 8, dan BlackBerry.

Terdapat beberapa versi untuk Unity 3D. Versi personal untuk para amatir yang pengen nyoba ngembangin game, versi plus untuk yang ingin fitur lebih, dan versi pro untuk para professional dan para pengembang yang serius. Versi personal bisa didownload gratis di website resminya, sedangkan versi plus seharga $35/bulan, dan versi pro seharga $75/bulan.

Kalo pengen tau lebih banyak tentang unity dan mau download silahkan langsung buka aja situs resminya 


2. BuildBox
Buildbox merupakan mesin pembuat game 2D yang sangat simpel dan cocok buat para amatir yang pengen ngembangin game simple tapi smooth. Interfacenya sangat simpel dan mudah digunakan. Ente bisa bikin game tanpa perlu nulis kode apapun. Software ini bisa digunakan untuk ngembangin game di Android maupun iOS. Namun, harga dari game engine ini cukup mahal yaitu $99/bulan.

Kalo ente pengen tau lebih lanjut tentang game engine ini atau mau berlangganan, langsung aja buka website resminya


3. Unreal Engine
Unreal Engine merupakan versi lanjutan dari UDK (Unreal Development Kit). Ini adalah Game Engine terbaru yang dibuat oleh Epic Games.Software ini bisa digunakan untuk mengembangkan game PC, Mobile, maupun console. Untuk platform mobile sendiri, game engine ini baru mendukung sistem operasi Android dan iOS. Game engine ini menggunakan bahasa C++ untuk pengembangan game-nya. Dengan software ini, kita juga bisa mengembangkan Virtual Reality maupun Augmented Reality untuk game mobile yang akan kita buat.

Untuk berlangganan game engine ini, kita perlu membayar sekitar $19/bulan. Kalo ente pengen tau lebih lanjut atau pengen langganan, langsung aja buka website resminya.


4. Cocos2D-x
Game engine yang satu ini sangat cocok untuk mengembangkan game berukuran kecil hingga menengah. Game yang dibuat dengan software ini mendukung sistem operasi Linux, Android, iOS, OS X, maupun Blackberry. Dengan software ini, kalian bisa membuat game yang berukuran sekecil 1 MB. Software ini menggunakan OpenGL untuk merender grafik 2D yang dioptimasi.

Software ini merupakan software Open Source. Dengan kata lain, bisa didownload gratis, bahkan boleh kita kembangkan sendiri. 
Jika tertarik bisa langsung saja anda downloa di laman resminya.


5. Lumbeyard
Lumbeyard merupakan Game Engine untuk membuat game kualitas AAA. Game Engine ini berbasis pada Cry Engine, Mesin pembuat game buatan Crytek, dengan kapabilitas Cross Platform. Software ini bisa dugunakan untuk membuat game dalam sistem operasi Android, iOS, PC, Xbox One, maupun console seperti PlayStation 4. 

Beberapa fitur terbaik dari Game Engine ini antara lain full C++ source code, networking, Audiokinetic’s feature-rich sound engine, dan seamless integration with AWS Cloud dan Twitch API.

Software ini merupakan software buatan amazon
Jika tertarik bisa langsung saja anda downloa di laman resminya.

0 Response to "5 Game Engine Untuk Mengembangkan Mobile Games"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel